5 Cara Mudah Jualan di Youtube


Anda punya online shop, tapi masih sepi pembeli? Jangan sedih, coba evaluasi kinerja anda dan tim. Di mana saja anda beriklan? Jika sudah berjualan di media sosial, sudahkah memanfaatkan Youtube sebagai media berjualan?
Mengapa harus Youtube? Karena Youtube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah google. Orang suka berselancar di Youtube karena banyak video menarik yang menghibur. Populasi pemirsa Youtube semakin naik, dan bisa anda manfaatkan untuk berpromosi. Tapi bagaimana cara jualan di Youtube? Ada 5 cara jualan di YouTube :

1. Buat Video Tutorial Yang Bermanfaat
Jika anda berjualan baby wrap dan gendongan bayi modern, buatlah video tutorial tentang cara memakai gendongan tersebut. Gunakan musik pengiring yang menarik (pastikan lagu itu bebas lisensi).

Jadi, jika ada customer yang memesan barang jualan di online shop, anda bisa mengarahkannya untuk membuka video tutorial itu di Youtube. Calon customer juga bisa tahu bahwa anda menjual bedong dan gendongan bayi, setelah ia browsing di Youtube.

Walaupun anda sudah memberikan CD tutorial sebagai bonus produk, namun video di Youtube tetap berguna. Sebagai cadangan dan berjaga jaga, jika CD tidak bisa diputar atau rusak di perjalanan.

2. Kreasikan Video Yang Menarik
Sebuah video yang menarik akan mendulang pemirsa dan calon customer. Misalnya, anda bisa membuat serial atau film pendek tentang kegiatan karyawan di online shop anda. Pilih saja genre komedi atau drama, atau jenis genre lain yang anda suka.

Saat melihat serial itu, pemirsa Youtube akan terhibur dan di bawah alam sadarnya akan tertanam jika anda berjualan produk. Dan diharapkan suatu saat ia akan membeli barang jualan anda.

Jika punya dana lebih, anda bisa membuat film kartun untuk mendongkrak promosi jualan di Youtube. Karena film kartun cocok untuk ditonton anak kecil sampai dewasa, jadi segmen pembeli anda makin meluas. Coba cari, apa ada teman yang bisa diajak kerjasama membuat film kartun? Atau hubungi mahasiswa yang kuliah di jurusan animasi. Karena biasanya mereka mau dibayar dengan harga pemula.

3. Share Di Sosial Media
Setelah meng-upload video di Youtube, share juga link tersebut di sosial media. Gunakan caption yang menarik dan bisa menggugah teman Facebook atau follower instagram untuk meng-klik link video tersebut. Atau anda bisa menyebar link video di berbagai grup WA atau Line yang anda punya.

4. Videowalking
Apakah anda hanya menghabiskan waktu di Youtube untuk mengupload video, lalu menonton video klip musik? Coba sesekali buka channel dari youtubers lain yang temanya hampir sama dengan video anda. Tonton beberapa videonya, dan beri komentar positif.

Dengan begitu ia akan senang karena anda ramah dan ingin berteman dengannya. Ia juga akan berkunjung balik ke video yang anda buat. Siapa tahu ia bisa diajak berkolaborasi dan juga membeli produk jualan anda.

5. Cantumkan Alamat Website Dan Nomor Handphone
Last but not least, cantumkan juga alamat website atau blog, serta nomor handphone di video yang anda upload. Jadi calon customer yang ingin membeli barang jualan di online shop anda bisa langsung menelepon atau chat di WA. Atau mereka bisa melihat lihat foto produk jualan anda di website atau blog.
Jualan di Youtube memang seru dan banyak tantangannya. Abaikan komentar negatif yang berdatangan. Selamat berjualan dan mendulang hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *