6 Cara Membangun Branding Online Shop

Anda punya online shop, tapi belum mencapai target penjualan yang diinginkan? Padahal pendapatan dari toko online diharapkan untuk terus naik. Karena hasil berjualan digunakan untuk membayar SPP anak, membayar listrik, dan lain lain. Di mana saja anda berjualan? Jika hanya berdagang di sosial media, coba buat website untuk memajang barang dagangan. Karena calon pembeli bisa melihat lihat barang dagangan online shop anda setelah browsing di google. Lalu bagaimana cara internet marketing melalui website? Simak 6 cara membangun Branding Online Shop berikut ini.

  1. Gratisan Juga Bisa

Saat membuat website berakhiran dot com atau dot co dot id, anda harus menyediakan dana setidaknya 150.000 rupiah untuk menyewa domain selama setahun. Jika anda menyewa hosting juga, ada dana tambahan minimal 200.000 rupiah.

Anda belum punya uang sebanyak itu? Pakai saja blog gratisan. Anda bisa membuat blog di wordpress atau blogspot. Di wordpress ada notifikasinya, jadi anda bisa membalas komentar dengan mudah. Sementara di blogspot, ukuran blognya lebih ringan, dan ia satu grup dengan google. Pilih saja dua penyedia blog gratis itu sesuai dengan selera anda.

  1. Beri Edukasi Pada Pembeli

Blog yang hanya berisi foto dan harga barang jualan terlihat membosankan. Karena calon pembeli seakan akan membaca brosur dan daftar harga.

Isilah blog anda dengan artikel atau tips tips yang berkaitan dengan barang jualan. Misalnya, jika anda berjualan furnitur, tulis artikel tentang jenis jenis kayu dan keunggulan masing masing. Atau tips menata ruangan agar tampak lapang dan cantik.

  1. Share Artikel Di Sosial Media

Untuk meningkatkan traffic blog anda, share juga artikel itu ke Facebook dan Twitter. Jadi teman Facebook dan follower twitter bisa membacanya. Setelah membaca artikel, siapa tahu ia tertarik untuk memesan barang jualan di toko online anda.

  1. Share Di Google Plus Dan Grup

Jika anda membuat blog di blogspot, share juga artikel yang anda publish di Google Plus. Share link juga di grup Google Plus yang bertema sama dengan artikel anda. Misalnya, anda membuka bisni travel, lalu menulis tentang tips travelling sambil membawa balita. Maka anda bisa share link tersebut di grup travelling.

  1. Sering Blogwalking

Blogwalking adalah cara internet marketing yang paling mudah. Pakai akun online shop untuk berkomentar di blog teman teman dunia maya. Jika mereka mengadakan kunjungan balasan, mereka akan tahu jika anda punya bisnis, dan suatu saat akan membeli barang jualan anda.

  1. Pelajari SEO

SEO atau search engine optimization menjadi kata kunci internet marketing, jika ingin blog jualan anda ada di halaman pertama pencarian google. Bagi sebagian orang, SEO itu sulit. Tapi tak ada yang tak mungkin untuk dipelajari.Isilah blog anda dengan artikel berkualitas, setidaknya seminggu dua kali. Percantik juga tampilan blognya, tapi jangan pilih template yang terlalu rumit. Karena akan menyusahkan pembaca jika akan membuka blog anda. Sering sering blogwalking pada banyak blog yang kira kira bisa jadi target market anda.

Itulah tip dan triks 6 cara membangun Branding Online. Internet marketing bukanlah hal yang rumit untuk dipelajari. Anda tinggal belajar, lalu mempraktekkan teorinya. Bacalah juga banyak buku, seperti buku tentang marketing, management, SEO, dan lain lain. Agar anda dapat banyak ide untuk menulis artikel bisnis dan pengembangan inovasi bisnis. Selamat berjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *