Ingin Sukses Jualan di WhatsApp? Ini Tipsnya!

Aplikasi Whatsapp sudah sering kita gunakan sehari hari. Tiap satu jam sekali, anda pasti mengecek chat di Whatsapp, bukan? Siapa tahu ada kabar baru dari saudara maupun kawan anda.

Selain untuk chatting dan transfer foto, ternyata Whatsapp juga bisa digunakan untuk berjualan. Lalu bagaimana cara jualan di Whatsapp? Yuk kita simak tipsnya.

1. Pasang Status Jualan Di Whatsapp Story

Adanya fitur Whatsapp Story bisa kita gunakan untuk memasang status. Meskipun hanya bertahan selama 24 jam, tapi kontak di Whatsapp bisa melihat, foto apa sih yang kita upload. Pasang foto produk terbaik dari online shop anda. Upload di jam prime time, pagi, siang , dan malam.

Untuk pagi, uploadnya kalau bisa sebelum subuh karena biasanya orang bangun tidur lalu buka smartphone, mengecek Whatsapp. Jadi ia bisa melihat status jualan anda. Di siang hari, mereka membuka Whatsapp lagi saat jam makan siang, dan setelah makan malam.

2. Jangan Terlalu Sering Membuat Status Whattsapp

Walau anda berjualan di Whatsapp, jangan upload foto satu jam sekali. Kontak Whatsapp akan menganggap anda lebay dan pengangguran karena main Whatsapp terus menerus. Upload foto 4-5 kali sehari sudah cukup. Upload foto produk jualan, dan selingi dengan foto aktivitas anda. Supaya tidak membosankan.

3. Jangan Pernah Broadcast Jualan Di Whatsapp

Fasilitas boadcast dibuat untuk mengumumkan hal penting kepada semua kontak Whatsapp. Tapi jangan salah gunakan fitur ini. Karena pada dasarnya orang tak suka untuk melihat iklan dan dijuali. Jika anda broadcast status jualan hampir setiap hari, siap siap saja diblokir.

4. Buatlah Grup Whatsapp Untuk Mengajarkan Ilmu Marketing

Jika anda merasa sudah memiliki ilmu internet marketing yang cukup baik, buatlah grup Whatsapp. Agar para pemilik online shop bisa belajar di sana. Anda bisa share materi secara teratur, misalnya seminggu sekali.

Jangan takut rugi untuk berbagi ilmu karena dari sharing ilmu, biasanya akan ada diskusi, dan anda bisa dapat ide baru untuk mengembangkan bisnis. Para peserta kelas markeitng gratis ini juga akan menyukai anda dan berterimakasih akrena telah diberi ilmu. Siapa taahu mereka akan membeli produk online shop anda atau merekomendasikan kepada temannya.

5. Jangan Sering Sering Berjualan Di Grup Whatsapp

Jika anda bergabung di sebuah grup Whatsapp alumni, anda boleh mempromosikan online shop yang dikelola. Tapi jangn sering sering, cukup 2-3 kali sebulan. Jika anda beriklan setiap hari, teman teman akan sebal dan bisa menendang anda dari grup Whatsapp. Karena tujuan awal dari grup Whatsapp adalah saling berinteraksi, bukan berjualan.

6. Interaksi Dengan Kontak Whatsapp

Berapa kontak Whatsapp yang anda punya? Sudahkah anda mengenal mereka dengan baik? Jika anda menyimpan nama dan nomor HP customer di kontak, sapalah mereka sesekali. Walaupun mereka tbelum memesan barang lagi di online shop yang anda kelola.

Jika mereka disapa dan ditanya kabarnya, mereka akan senang dan merasa diperhatikan. Suatu saat, jika membutuhkan satu barang, mereka akan memesan kepada anda. Karena ia tahu bahwa anda adalah pemilik toko online yang baik dan ramah.

Jualan di Whatsapp memang seru. Karena bisa berdagang sambil berinteraksi. Anda boleh saja berjualan, tapi jangan terlalu agresif dan ambisius. Karena Whatsapp dibuat untuk bergaul, bukan untuk 100% berjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *