Trik Laris Jualan di Facebook

Meskipun banyak media sosial lain yang bermunculan, Facebook masih jadi favorit banyak orang. Sehari tanpa menulis status di Facebook, aneh rasanya. Timeline pun menjadi pengganti buku harian, jadi ajang mencurahkan hati secara massal.

Selain mencari teman, Facebook juga jadi tempat berjualan. Semakin banyak online shop yang bermunculan, membuat jualan di Facebook makin memusingkan. Banyak saingan! Daripada cemberut karena online shop sepi, lebih baik simak tips jualan di Facebook berikut ini.

1. Atur Jam Beriklan
Sebaiknya, upload foto barang jualan saat prime time. Saat ramai untuk posting status dan foto adalah pagi jam 6-8 , jam 12 siang, dan di atas jam 7 malam. Biasanya orang membuka Facebook saat menunggui anak mereka di sekolah, atau jam makan siang. Kadang juga setelah jam makan malam, mereka baru sempat membuka akun Facebook. Saat banyak yang melihat status anda, semakin banyak yang tertarik dan membeli barang di online shop anda.

2. Jangan Terlalu Upload Foto Jualan Di Facebook
Apakah anda mengupload barang dagangan satu jam sekali? Hati hati, teman Facebook anda akan sebal dan memutuskan pertemanan, karena terlalu banyak foto jualan yang di upload. Mark Zuckergberg membuat Facebook sebagai situs pertemanan, lalu banyak online shop yang menggelar lapak. Walaupun akun anda untuk berjualan, selingi juga dengan status perasaan anda hari ini atau foto anak.

3. Gunakan Teknik Softselling
Saat berjualan, jangan hanya mengupload foto lalu memasang harga barang. Karena pada dasarnya orang tak suka dijuali dan melihat iklan. Anda bisa berkreasi dengan iklan softselling, misalnya memotret anak yang sedang memegang barang jualan anda, lalu bercerita tentang kelucuannya.

4. Pakai Teknik Covertselling
Covertselling adalah ilmu berjualan yang asyik karena seolah olah kita tidak beriklan padahal beriklan. Misalnya, anda bisa mengupload foto idola, lalu menambahkan hashtag barang jualan anda #gamisbagus #gamismurah. Atau bercerita bagaimana kesibukan anda saat jualan di Facebook sambil mengasuh anak.

5. Tambahkan Target Market Di Pertemanan Anda
Ada 5.000 slot yang tersedia untuk berteman di Facebook. Berapa jumlah teman Facebook anda? Maksmalkan saja sampai penuh. Tapi bagaimana kita tahu bahwa teman tersebut adalah calon pembeli potensial?

Coba lihat foto profilnya, apa ia berfoto dengan anaknya? Lihatlah foto yang ia upload, apa benar anaknya masih balita? Jika anda berjualan baju anak, maka ia adalah calon pembeli potensial.
6. Sering Menyapa Teman Facebook
Postingan kita di Facebook hanya akan terlihat oleh teman teman yang sering berinteraksi. Jadi, interaksi adalah kata kunci untuk sukses jualan di Facebook. Cara yang paling gampang adalah mengucapkan happy birthday saat ia berulang tahun, tapi ucapkan di personal message.

Cara interaksi yang lain adalah dengan me-like beberapa postingannya. Anda gilir saja, hari ini me-like teman yang namanya berawalan huruf A, besok teman yang bernama depan B, dan selanjutnya.

Mengapa harus berinteraksi? Karena orang cenderung untuk membeli barang yang dijual oleh temannya. Jika kita sering berinteraksi, maka calon pembeli akan menganggap kita teman dekat, walau hanya bertemu di dunia maya.

Jualan di Facebook memang menyenangkan karena sambil online, bisa menyapa kawan lama, dapat uang juga. Semoga online shop anda laris setelah membaca tips ini dan semoga bisa bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *